Softskill : Ilmu Alamiah Dasar

   PERKENALAN DENGAN IPA

·       Perkembangan Alam Pikir Manusia

Tuhan menciptakan dua makhluk, yang satu bersifat anorganis (benda mati) dan yang lain bersifat organis (makhluk hidup). ciri-ciri kehidupan manusia sebagai makhluk yang tertinggi, lebih sempurna dari hewan maupun tumbuhan. Dari sekian banyak ciri-ciri manusia sebagai makhluk hidup, akal budi dan kemauan keras itulah yang merupakan sifat unik manusia. dengan akal serta nuraninya memungkinkan untuk selalu berbuat yang lebih baik dan bijaksana untuk dirinyamaupun lingkungannya. Dengan demikian manusia bisa mengatasi kelemahannya tersebut

Ä Sifat unik manusia

Homo sapiens (cerdas dan bijaksana)
bahwa manusia memiliki akal dan pikiran yang digunakan untuk memikirkan sesuatu yang baik dan buruk. sehingga dalam mepertimbangkan hal yg akan dilakukannya manusia dapat merencanakan masa depan dgn pertimbangan masa lalu

Homo faber (manusia kerja dgn alat)
Manusia memiliki kemampuan untuk membuat & menggunakan sesuatu demi memenuhi kebutuhan primer & sekunder manusia itu sendiri. hal ini disebabkan keterbatasan manusia dalam menggunakan alat indranya. sehingga untuk menutupi kekurangannya itu dia membuat sesuatu yg membantunya dlm kehidupan sehari-hari.

Homo longuens (dapat berbicara)
manusia dilengkapi dgn kemapuan untuk berbahasa. kemampuan ini digunakan sbg alat untuk menyampaikan informasi kpd satu sama lain. setiap peradaban manusia cenderung memiliki kemampuan&jenis bahasa yg berbeda-beda

Homo socius (dapat hidup bermasyarakat)
manusia memiliki kemampuan untuk hidup bersosialisasi dengan sesama manusia ataupun makhluk hidup lainnya. Dilengkapi dengan sifat yang membawa mereka pada suatu bentuk permusyawaratan, sehingga hal ini membedakan dengan makhluk hidup lainnya seperti binatang yang hidup secara bergerombol

Homo ecomomicus ( atas dasar pertimbangan ekonomi dalam berusaha)
Manusia memiliki kemampuan membuat usaha dan mengembangkannya

Homo religius ( manusia beragama)
Manusia berencana dan berusaha hasil akhir diserahkan pada Tuhan YME sebagai takdir.

Ciri-ciri Manusia:

1. Organ tubuhnya komplek dan sangat khusus, terutama otaknya
2. Mengadakan metabolism atau penyususnan zat
3. Memberikan tanggapan terhadap rangsangan dari dalam dan luar
4. Memiliki potensi untuk berkembang
5. Tumbuh dan berkembang
6. Berinteraksi dengan lingkungan
7. Bergerak
Perbedaan manusia dengan makhluk lain yaitu memiliki akal budi dan kemauan keras.


Ä Rasa Ingin Tahu

Salah satu keistimewaan manusia diatas makhluk lainnya yaitu motivasi fitriah untuk mengetahui berbagai realitas. Atau yang sering kita kenal sebagai rasa ingin tahu (kuriositas), dimana perasaan ini dapat mendorong manusia untuk berpikir dan mencari jawaban atas perbagai realitas dan permasalahan yang ada disekitarnya. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bermula dari rasa ingin tahu, yang merupakan suatu ciri khas manusia. Manusia mempunyai rasa ingin tahu tentang benda-benda di sekelilingnya, alam sekitarnya, angkasa luar, bahkan tentang dirinya sendiri
Dengan potensi akal yang dimiliki manusia, mereka dapat menemukan berbagai cara untuk melindungi diri terhadap pengaruh lingkungan yang merugikan. Manusia memiliki sifat rasa ingin tahu yang selalu berkembang dan tidak pernah dipuaskan.Kegiatan yang dilakukan manusia itu kadang-kadang kurang serasi dengan tujuannya sehingga tidak dapat menghasilkan pemecahan.Tetapi kegagalan biasanya tidak meimbulkan rasa putus asa, bahkan seringkali justru membangkitkan semangat yang lebih menyala-nyala untuk memecahkan persoalan.

Kegiatan untuk mencari pemecahan dapat berupa:

a.       Penyelidikan langsung
b.      Penggalian hasil-hasil penyelidikan yang sudah pernah diperoleh orang lain
c.       Kerjasama dengan penyelidikan-penyelidikan lain yang juga sedang memecahkan soal yang sama atau yang sejenis

Dengan selalu berlangsungan perkembangan pengetahuan itu tampak lebih nyata bahwa manusia berbeda daripada hewan. . Meskipun makhluk lainnya juga memiliki rasa ingin tahu tetapi itu hanya sebatas digunakan untuk memenuhi kebutuhan makanan saja. Perkembangan rasa ingin tahu pada manusia dimulai dengan timbulnnya pertanyaan dari sesuatu yang dilihat dan diamatinya. Adanya kemampuan berpikir pada manusia menyebabkan terus berkembangnya rasa ingin tahu manusia terhadap alam semesta ini
Manusia merupakan makhluk hidup yang berakal serta mempunyai derajat yang tertinggi bila dibandingkan dengan hewan atau makhluk lainnya.Manuasia mampu menggunakan pengetahuan yang telah lama diperoleh untuk dikombinasikan dengan pengetahuan yang baru menjadi pengetahuan yang lebih baru lagi.Hal ini demikian berlangsung berabad-abad sehingga jawaban tehadap berbagai banyak pertanyaan manusia terhadap peristiwa dan gejala yang terjadi di alam semesta ini akhirnya menjadi ilmu pengetahuan.

Sifat Keingintahuan Manusia

Manusia dengan rasa ingin tahunya yang besar ,selalu berusaha mencari keterangan tentang fenomena alam yang teramati. Untuk menjawab semua rasa ingin tahu manusia sering mereka – reka jawaban mereka sendiri . Pengetahuan seperti inilah yang disebut pseudo science. Ilmu pengetahuan juga berkembang sesuai dengan zamannya dan sejalan dengan cara berpikir dan alat bantu yang ada pada saat itu .
Cara memperoleh sains semu ( pseudo sains ), antara lain :
                                             
1.      Mitos
2.      Wahyu
3.      Otoritas dan tradisi
4.      Prasangka
5.      Intuisi
6.      Penemuan kebetulan
7.      Cara – coba – ralat


Ä MITOS

Manusia berusaha memenuhi kebutuhan nonfisik atau kebutuhan alam pikiran.Rasa ingin tahu manusia ternyata tidak dapat terpuaskan hanya atas dasar pengamatan mau pun pengalamannya.Untuk itulah, manusia menerka-nerka sendiri atas keingintahuannya itu.
Pengetahuan baru yang bermunculan dan kepercayaan itu lah yang kita sebut dengan Mitos.Cerita yang berdasarkan atas mitos disebut Legenda.
 Mitos itu timbul disebabkan antara lain karena keterbatasan alat indera manusia misalnya:
1.       Alat Penglihatan
Banyak benda-benda yang bergerak begitu cepat sehingga tak tampak jelas oleh mata. Mata tidak dapat membedakan benda-benda. Demikian juga jika benda yang dilihat terlalu jauh, maka tak mampu melihatnya.
2.       Alat Pendengaran
Pendengaran manusia terbatas pada getaran yang mempunyai frekuensi dari 30 sampai 30.000 perdetik. Getaran di bawah 30 atau di atas 30.000 perdetik tak terdengar.
3.       Alat Pencium dan Pengecap
Bau dan rasa tidak dapat memastikan benda yang dicecap maupun diciumnya . manusia hanya bisa membedakan 4 jenis masa yaitu rasa manis,masam ,asin dan pahit. Bau seperti parfum dan bau-bauan yang lain dapat dikenal oleh hidung kita bila konsentrasi di udara lebih dari sepersepuluh juta bagian. Melalui bau, manusia dapat membedakan satu benda dengan benda yang lain namun tidak semua orang bisa melakukannya.
4.       Alat Perasa
Alat perasa pada kulit manusia dapat membedakan panas atau dingin namun sangat relative sehingga tidak bisa dipakai sebagai alat observasi yang tepat.
Alat-alat indera tersebut di atas sangat berbeda-beda, di antara manusia: ada yang sangat tajam  penglihatannya, ada yang tidak. Demikian juga ada yang tajam penciumannya ada yang lemah. Akibat dari keterbatasan alat indera kita maka mungkin timbul salah informasi, salah tafsir dan salah pemikiran. Untuk meningkatkan kecepatan dan ketepatan alat indera tersebut dapat juga orang dilatih untuk itu, namun tetap sangat terbatas. Usaha-usaha lain adalah penciptaan alat. Meskipun alat yang diciptakan ini masih mengalami kesalahan. Pengulangan pengamatan  dengan berbagai cara dapat mengurangi kesalahan pengamatan tersebut.


 Jadi, mitos itu dapat diterima oleh masyarakat pada masa itu karena:

a.       Keterbatasan pengetahuan yang disebabkan karena keterbatasan             penginderaan baik langsung maupun dengan alat.
b.      Keterbatasan penalaran manusia pada masa itu.
c.       Hasrat ingin tahunya terpenuhi

Menurut Auguste comte (1798-1857),dalam sejarah perkembangan jiwa manusia, baik sebagai individu maupun sebagai keseluruhan, berlangsung tiga tahap:
1.       Tahap teologi atau fiktif
Pada tahap teologi atau fiktif manusia berusaha untuk mencaari atau menemukan sebab yang pertama dan tujuan yang terakhir dari segala sesuatu,dan selalu dihubungkan dengan kekuatan ghaib. Gejala alam yang menarik perhatiannya selalu diletakkan dalam kaitannya dengan sumber yang mutlak. Mempunyai anggapan bahwa setiap gejala dan peristiwa dikuasi dan diatur oleh para dewa atau kekuatan ghaib lainnya.
2.       Tahap filsafat atau metafisik atau abstrak
Tahap metafisika atau abstrak merupakan tahap dimana manusia masih tetap mencari sebab utama dan tujuan akhir, tetapi manusia tidak lagi menyadarkan kepada kepercayan akan adanya kekuatan ghaib , melainkan kepada akalnya sendiri,akal yang telah mampu melakukan abstraktasi guna menemukan hakikat segala sesuatu.
3.       Tahap positif atau ilmiah riel
Tahap positif atau riel merupakan tahap dimana manusia telah mampu berfikir secara positif atau riel,atas dasar pengetahuan yang telah dicapainya yang dikembangkan secara positif , melalui pengamatan , percobaan dan perbandingan.
Legenda adalah sebuah cerita yang dirangkai secara turun temurun dan dipercayai oleh masyarakat karena terbukti secara logis dalam pendeskripsian ceritanya, cenderung mengemukakan kehadiran seorang tokoh yang dikaitkan dengan terjadinya suatu daerah.
Contohnya:
·         Tangkuban perahu yang berlokasi di kota Bandung, sebagai hasil  perwujudan kemarahan sangkuriang yang telah gagal dalam mewujudkan pinta calon pinangannya yang merupakan ibu kandungnya sendiri.
·         Sangkuriang
·         Lutung Kasarung

Cerita Rakyat  merupakan suatu peristiwa yang dikisahkan untuk menjelaskan akan terjadinya sesuatu yang ada dimuka bumi ini. salah satu contoh kisah rakyat yakni tangkuban perahu sebagai perwujudan kemarahan sangkuriang yang telah gagal dalam mewujudkan calon pinangannya yang merupakan ibu kandungnya sendiri. Kisah bawang merah dan bawang putih yang telah kita kenal sejak dahulu dapat menjadi salah satu contoh dalam hal ini.
Contohnya :
·         Malin Kundang
·         Si Pitung
·         Timun Mas


Ä PENALARAN

Penalaran terbagi menjadi dua yaitu :

1.       Penalaran Deduktif  yaitu cara berpikir yang bertolak dari pernyataan yang  bersifat umum untuk menarik kesimpulan yang bersifat khusus dan menggunakan pola berpikir silogisme.
2.       Penalaran Induktif  yaitu cara berpikir yang bertolak dari pernyataan yang bersifat  khusus untuk menarik kesimpulan yang bersifat umum dan terkait dengan pengetahuan empirisme.

Ä CARA MEMPEROLEH PENGETAHUAN

Menurut Charles Price ada 4 macam cara untuk memperoleh pengetahuan yaitu:

1.       Percaya
Seseorang akan mendapat pengatahuan karena ia percaya pada hal tersebut adalah benar.
2.       Wibawa
Sesuatu akan dianggap benar,apa bila seseorang yg berwibawa menyatakan benar
3.       Apriori
Merupakan suatu keyakinan/pendirian/anggapan sebelum mengetahuai (melihat,mendengar,menyelidiki) keadaan tertentu.
4.       Metode Ilmiah
Seseuatu dianggap ilmiah apa bila memiliki patokan yg merupakan rambu2 untuk menentukan benar atau salah.



Ilmu pengetahuan dianggap Alamiah apabila memenuhi 4 syarat yaitu:

·          Objektif
Pengetahuan itu sesuai dengan Objek
·         Metodik
Pengetahuan itu diperoleh dengan cara2 tertentu dan terkontrol
·         Sistematis
Pengetahuan ilmiah itu tersusundalam suatu system, tidak berdiri sendiri satu sama lain saling berkaitan ,saling menjelaskan,sehingga keseluruhan menjadi kesatuan yg utuh.
·         Berlaku Umum/ Universal

Pengetahuan tidak hanya diamati hanya oleh seseorang atau oleh beberapa orang saja ,tapi semua org dengan eksperimentasi yg sama akan menghasilkan sesuatu yg sama atau konsisten.

Ada 2 pokok untuk memperoleh pengetahuan yaitu:

1.        Empiris
Yaitu pengetahuan yg disusun berdasarkan pada pengalaman, paham yg dikembangkan disebut Empiris. Bagi kaum rasionalis berpendapat pengetahuan manusia diperoleh melalui penalaran rasional yg abstrak,namun diperoleh melalui pengalaman yg kongkrit.
2.        Rasionalisme
Yaitu suatu cara yg didasarkan pada suatu rasio. Padanganya menyatakan rasio merupakan sumber dan pangkal dari segala pengertian hanya rasio sajalah yg dapat membawa orang kepada kebenaran dan dapat memberi petunjuk dalam segala jalan pikiran

Beberapa alasan mengapa manusia mudah menerima mitos

1.       Keterbatasan pengetahuan manusia, pada umunya manusia memperoleh informasi dari cerita orang yang mengetahui akan suatu hal. Kemudian hal ini bepindah telinga kepada manusia yang lain. yang menjadi masalah adalah kebenaran tentang informasi atau pengetahuan yang muncul dan telah menyebar tersebut.
2.       Keterbatasan manusia dalam menalarkan sesuatu, ini dikarenakan kemampuan berpikir manusia pada saat itu masih latih. Sehingga pemikiran yan dihasilkan dapat benar dan dapat pula salah.
3.       Keingintahuan manusia yang telah terpenuhi untuk sementara, mengadung pengertian bahwa ketika manusia tlah mampu menalarkan sedikit hal yang ada dalam pikirannya maka disitulah letak kepuasan manusia yang diterimanya secara intuisi.
4.       Keterbatasan alat indera manusia, selain beberapa hal diatas keterbatasan manusia terhadap bagaimana Ia menggunakan alat inderanay masih terbatas sehingga jangkauan yang sangat detail dalam suatu penciptaan hal yang baru masih bisa diragukan.

·       Metode ilmiah

Metode Ilmiah adalah suatu metode atau cara yang tepat untuk mencapai kebenaran antara pengetahuan secara ilmiah dengan faktanya.

Ä Syarat Ilmu Pengetahuan

Pengetahuan dapat dikatakan ilmiah bila pengetahuan itu memiliki empat syarat,yaitu:

1.      Objektif.
Artinya pengetauan itu sesuai dengan objeknya/bukti.
2.      Metodik
Artinya pengetahuan itu di peroleh dengan menggunakan cara-cara tertentu dan terkontrol.
3.      Sistematik
Artinya pengetahuan ilmiah itu tersusun dalam suatu system yang saling menjelaskan sehingga seluruhnya merupakan kesatuan yang utuh.
4.      Berlaku Umum
Artinya pengetahuan itu tidak hanya diamati oleh beberapa orang tetapi semua orang dengan cara eksperimentasi yang sama akan meperoleh hasil yang sama/konsisten.

Ditinjau dari cara berpikir manusia,pada dasarnya terdapat dua cara pokok untuk memperoleh pengetahuan yang benar,ialah:
a.       Paham Rasionalisme
Rasionalisme adalah paham atau pandangan yang senantiasa di dasarkan pada kemampuan akal daripada emosi. Dalam menyusun pengetahuannya, kaum rasionalis mempergunakan metode deduktif, namun terdapat masalah utama dalam rasionalisme yaitu evaluasi terhadap kebenaran dasar-dasar pemikiran atau alas an yang digunakan dalam penalaran deduktif.
b.      Paham Empirisme
Empirisme adalah anggapan bahwa pengetahuan di peroleh dari pengalaman langsung atau dari indera.


Ä Metode Ilmiah dan Langkah-Langkah Operasinya

Salah satu syarat ilmu pengetahuan ialah bahwa materi pengetahuan itu harus di peroleh melalui metode ilmiah. Metode ilmiah tentu saj harus menjamin akan menghasilkan pengetahuan yang ilmiah yatu yang bercirikan objektivitas,konsisten dan sistematik.

Langkah-langkah operasionalnya adalah sebagai berikut :

1.               Perumusan masalah
Yang di maksud dengan masalah disini adalah merupakan pertanyaan apa,mengapa,ataupun bagaimana tentang objek yang diteliti. Masalah itu harus jelas batas-batas nya serta di kenal factor-faktor yang mempengaruhinya.
2.      Penyusunan hipotesis
Hipotesis adalah suatu pernyataan yang menunjukkan kemungkinan-kemungkinan jawaban untuk memecahkan masalah yang telah di tetapkan. Hipotesis juga dapat di pandang sebagai jawaban sementara dari permasalahan yang harus di uji kebenarannya dalam suatu  eksperimentasi.
3.      Pengujian hipotesis
Yaitu berbagai usaha pengumpulan fakta-fakta yang relevan dengan hipotesis yang telah diajukan untuk dapat memperlihatkan apakah fakta-fakta yang mendukung dipotesis atau tidak.

4.      Penarikan kesimpulan
Penarikan kesimpulan ini berdasarkan analisis dari fakta-fakta,untuk melihat apakah hipotesis yang diajukan itu diterima atau tidak.
Didalam Ilmu alamiah suatu kesimpulan bersifat sementara (tentatif); kesimpulan adalah sesuatu yang harus di uji.Pengujian-pengujian seperti itu memerlukan data tambahan. Dengan demikian akan di peroleh proses yang berkesinambungan secara terus menerus dan akan mengalami kemajuan.

·       Ruang Lingkup IPA

Ä Alam Semesta

1 Pengertian alam semesta mencakup tentang mikrokosmos dan makrokosmos. Dalam mikrokosmos kita mempelajari benda-benda yang memiliki ukuran sangat kecil, misalnya atom, elektron, sel dan sebagainya. Sedangkan makrokosmos mempelajari benda-benda yang memiliki ukuran sangat besar, misalnya bintang, planet, galaksi dan sebagainya.
a.     Mikrokosmos
Pada tahun 1665, ilmuan bangsa Inggris, Robert Hooke dengan ikroskop yg sederhana melihat bahwa gabus terdiri dari gelembung berdinding lalu rongga berdinding tsb diberi nama sel. Dengan mikroskop modern dpt dilihat ternyata sel merupakan bahan kehidupan.
b.     Makrokosmos
Sebelum mengenal huruf sampai dengan berkembangnya astronomi, manusia berusaha mengenal alam semesta dengan baik, usaha tsb antara lain :
1)    Member nama benda-benda angkasa
2)    Manusia membaca gerak gerik langit
3)    Gallileo (1564-1642) , ahli mekanika dan dinamika membuktikan bahwa Bumi hanya sebuah planet kecil diantara planet yg lain.
4)    Dipengaruhi ajaran copemicus, Keppler (1571-1830) mengemukakan hukum Keppler
Isi Alam Semesta :

Alam semesta terdiri dari semua materi, termasuk tenaga dan radiasi serta segala hal yang telah diketahui dan baru dalam tahap percaya bahwa pasti ada di antariksa. Bumi, Bulan, planet-planet, galaksi, dan bintang.
1)    Matahari merupakan salah satu bintang diantara 200 milyar bintang lain yang bergerak dalam satu sistem disebut Galaksi Bimasakti. Perhitungan sampai angka 200 milyar bintang ini merupakan perkiraan dari sebuah galaksi (yakni Bimasakti) yang memiliki garis tengah sekitar 100.000 tahun cahaya.
2)    Galaksi, di alam semesta ini terdapat beratus-ratus galaksi dengan berbagai bentuk dan ukuran. Dilihat dari bentuknya terdapat beberapa tipe, antara lain galaksi spiral, galaksi spiral berbatang, galaksi elips, dan galaksi yang tidak beraturan. Berdasarkan umumnya, diduga berturut-turut galaksi yang tidak beraturan merupakan galaksi termuda, kemudian galaksi spiral, dan yang tertua adalah galaksi elips.
Ä Sistem Tata Surya
2 Sistem tata surya sebelumnya adalah sebuah massa gas yg panas, yatu nebula. Lalu massa gas ini mulai dingin dan makin mengecil. Karena adanya pengaruh kekuatangaya gravitasi pusat,sebagian massa gas akan lepas dari inti dan tersebar di angkasa lalu membentuk system tata surya. Teori ini dinamakan “Teori Kant-Laplace”

1. Matahari
Matahari merupakan benda langit terbesar disistem tata surya, yg terdiri dari berbagai gas yg bisa meledak. Disekitar matahari terdapat delapan planet besar dan ribuan planet kecil. Matahari merupakan sumber panas dari planet-planet disekitarnya. Selain itu adanya gaya tarik menarik akan mencegah benda-benda langit jatuh dalam kehmpaan ruang ngkasa.



2. Planet
Ada beberapa hal yang menjadi syarat bahwa benda langit merupakan sebuah planet diantaranya :
a. Orbit planet tersebut mengelilingi matahari.
b. Memiliki massa yang cukup atau lebih besar dari 10 20 kg agar dapat menghasilkan gravitasi sendiri, dengan bentuknya mendekati bulat.
c. Orbitnya tidak memotong orbit planet lain.Planet – planet tersebut adalah Merkurius,Venus,Bumi,Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus.

3. Satelit
Hampir semua planet di tata srya memiliki sitem sekunder, disebut satelit. satelit bumi adalah bulan. Hampir semua satelit alami yang paling besar terletask di orbit sinkron, dengan satu sisinya secara tetap menghadap planet induknya.

4. Asteroid
Penemuan asteroid sudah ada sejak tahun 1801, yaitu oleh Piazzi seorang astronom Italia. Asteroid temuannya dinamai Ceres. Ceres rianugerahi sebagai asteroid terbesar di taat surya dengan diameter sekitar 900 km. populasi asteroid adalah di daerah antara orbit planet Mars dan Jupiter, dikenal sebagai Main Belt atau Sabuk Utama. Selain Ceres adapila asteroid lain yang menempati orbit yang berbeda, yaitu Trojan dan asteroid AAA (Asteroids-Amor, Apollo, Aten).

5. Komet
Komet adalah sekumpulan partikel-partikel padat, berevolusi terhaadp matahari dengan eksentrisitas yang sangat besar. Komet berarti si rambut panjang. Orbit komet membentuk sudut terhadap ekliptika. Jadi periode komet sangat besar, jarang terlihat.
Komet Halley muncul setiap 75 tahun sekali. selang waktu kemunculan komet menunjukan revolusi komet itu sewaktu bergerak mendekati matahari. Ketika komet mendekati matahari materialnya menjadi sanagat panas dan menguap, dan membentuk awan gas yang bercampur dengan debu di sekitar inti padatnya.
Tekanan radiasi matahari mendorong kometpertikel-partikel komet dan membentuk ekor. Kepala komet berdiameter sekitar 20.000 km, dan panjang ekornya sampai jutaan km. Pada saat komet mencapai perihelion , maka terbentuklah ekor komat yang paling maximum. Seluruh massa komet diperkirakan mencapai sepersejuta dari massa bumi. keberadaan komet ini seperti sepele tapi komet memang benar-benar ada.kometLulin, si komet hijau nan cantik akan mendekati Bumi

6. Meteor
Cahaya uap yang dihasilkan seperti bintang bergerak cepat melintasi langit dikenal sebagai bintang jatuh, adalah fenomena hadirnya meteor.
jumlah meteor yang bertabrakan dengan bumi selama 24 lam diperkirakan mencapai 200 juta meteor. Meteor itu dinamakan meteorit. Meteorid diabedakan dalam 2 tipe, tipe pertama yaitu meteorid yang mengelilingi matahari seperti planet orbitnya memiliki eksentrisitas yang kecil serta hampir sebidang dengan bidang utama planet.
Tipe lainnya yaaitu komet yang memiliki eksentrisitas yang besar. mendekati bumi dari segala arah seakan ingin membombardir bumi dengan sudut kecil terhadap bidang orbit bumi. Meteor ini sering menumbuk bumi secara berkelompok disebut dengan Shower.

7. Materi Antar Planet
Medium antar planet terdiri dari debu dan gas. debu antar planet merupakan distribusi yang jarang dari mikrometeorit yang mengitari atata surya. Namun terdapat pula distribuso gas disekitar sistem tata surya.
Fakta adanya gas antar planet datang dari penyelidikan luar angkasa dengan peralatan canggihnya mencatat gerakan atom dan partikel yang bergerak dengan cepat. Gas antar planet terdiri dari ion dan elektron yang dipancarkan matahari ke luar angkasa. Liran ini dikenal dengan sebutan angin solar.

Ä Bumi

   Bumi adalah salah satu planet dalam susunan tata surya galaxi Bima sakti, dimana makhluk hidup tinggal, dan berkembang biak di planet bumi.
   Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya.  Diperkirakan usianya mencapai 4,6 miliar tahun.  Jarak antara Bumi dengan matahari adalah 149.6 juta kilometer.  Kala rotasi bumi adalah 23 jam 56 menit 4 detik. Sedangkan kala revolusinya adalah 365,25 hari. Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin surya, sinar ultraviolet dan radiasi dari luar angkasa.
   Bumi  mempunyai  diameter  sepanjang  12.756 kilometer. Gravitasi  Bumi diukur sebagai  10 N kg-1 dijadikan unit ukuran gravitasi planet lain, dengan gravitasi Bumi dipatok sebagai 1. Bumi mempunyai 1 satelit alami yaitu Bulan. 70,8% permukaan bumi diliputi air. Udara Bumi terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen, dan 1% uap air, karbondioksida, dan gas lain.
   Titik tertinggi di permukaan bumi adalah gunung Everest setinggi  8.848 meter, dan titik terdalam adalah palung Mariana di samudra Pasifik dengan kedalaman 10.924 meter. Danau terdalam adalah Danau Baikal dengan kedalaman 1.637 meter, sedangkan danau terbesar adalah Laut Kaspia dengan luas 394.299 km2.


Secara garis besar bumi memilki beberapa bagian, yaitu :

1.     Inti bumi (pusat bumi)
Lapisan ini terdiri dari materi-materi logam dan nikel yang berbentuk bola dan padat. Suhu di dalam lapisan ini mencapai 4800 derajat celcius dengan ketebalan 1.200 km.

2.      Inti bumi luar
Pada lapisan ini inti bumi bagian luar materi-materinya terdiri dari nikel dan besi cair serta oksigen. Suhu pada lapisan ini mencapai 3900 derajat celcius dengan ketebalan 2.255 km.

3.      Mantel bumi (selimut bumi)
Terdiri dari materi-materi magma kental yang memiliki suhu sekitar  1.400-2.500 derajat celcius  dengan ketebalan 2.900 km.


Continue…

Artikel tentang Manusia Gadget dan Lingkungan



2 Gul, S . (2007). Sistem Tata Surya. Indonesia : Yudhistira Ghalia Indonesia 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

IMPLEMENTASI KONSEP AIDA+S

Market Inteligent, Turbo Marketing & Mega Marketing

PROFIL USAHA